BALADO KERANG DARA

resep balado kerang dara


Assalamualaikum.


Siapa yang penggemar seafood acung tangan.... tos ah samaan sama dek yayuk. Alhamdulillah bersyukur sekali tinggal di daerah kepulauan yang di kelilingi oleh laut yang otomatis hasil lautnya pun melimpah aman gak bakal di tenggelamkan bu Susi. Di Batam Alhamdulillah bukan sebuah perkara yang sulit untuk menikmati seafood apalagi yang segar. Berbagai macam seafood bisa mudah di jumpai di sini muli dari ikan, ranjungan, ketam, udang, lobster, berbagai macam kerang, pokoknya banyak deeh. Bahkan ada 1 jenis seafood yang hanya ada di kepulauan riau yaitu Gonggong, ada yang pernah coba? Gonggong ini sejenis seafood yang mirip seperti hewan bekicot. Mainstream kan kedengarannya buat yang baru dengar pasti bakal terdengar aneh tapi kalo sudah mencoba akan ketagihan. Nah para wisatawan kalo yang datang berlibur ke batam itu wajib loh buat nyoba seafood di batam karna makanan yang terkenal disini itu salah satunya ya olahan seafood.

Ada beberapa macam seafood yang memiliki kadar kolestrol yang sangat tinggih di antaranya Lobster ini mah bukan kolestrol yang naik tapi dompet yang tipis. kemudian ada udang, kepiting, tiram dan kerang. Untuk itu tidak di anjurkan untuk sering-sering mengkonsumsi ke 4 jenis seafood tersebut agar tidak terkena kolestrol dan kantong kering.


Walau kerang merupakan salah satu jenis seafood yang kadar kolestrolnya tinggi makan sekali-kali gak ada salahnya kan ? nah kemarin mamak dek yayuk kebetulan belanja kerang dara yang sudah di kupas padahal orang rumah gak semua doyan kerang karena itu tadi kolestrolnya agak gak sopan sikit, tapi karna permintaan adik saya mamak pun beli si kerang dara. Biasanya kami beli jenis kerang dara yang belum di kupas cangkangnya karna sudah pasti kesegaran si kerang tersebut, selain itu di olahnya cukup mudah hanya di rebus dengan bawang putih geprek, jahe dan laos tambahkan garam setelah masak di taburi daun bawang di makan dengan sambel kecap, sedaaaaaap.

Nah kemarin mamak belanja kerang dara yang sudah di kupas jujur agak bingung mau di masak apa, tanpa menyerah dan berputus asah dengan kekuatan hengpong masa kini yang ada googlenya searching lah dek yayuk resep masakan kerang dara, awalnya si kerang dara ini mau di masak sate aja soalnya dulu pernah beli sate kerang dara kurang memuasakan rasanya, tapi setelah di pikir lagi pilihan jatuh ke Balado Kerang Dara karna di rumah itu penyuka pedes semua jadi agak aneh kalo makan gak ada pedes-pedesnya.


Nah di bawah ini resep yang dek yayuk pake yah, bisa di modif loh di tambahi kentang goreng atau tempe goreng sesuai selera masing-masing .

resep balado kerang dara



BALADO KERANG DARA

Bahan : 
500 gr Kerang dara kupas.
1 papan pete, kupas.
2  daun jeruk, sobek.
1 ruas laos.
Secukupnya gula, garam.
Minyak utk menumis.

Bumbu haluskan:
25 cabe merah.
5 cabe rawit.
5 buah bawang merah.
2 buah bawang Putih.

Cara:
1. Panaskan minyak untuk menumis, tumis bumbu hingga harum, masukkan daun jeruk dan laos aduk-aduk. Masak hingga bumbu matang.
2. Masukkan kerang, aduk hingga berubah warna, tambah sedikit air. Masukkan pete , bubuhi gula garam, koreksi rasanya. Masak hingga matang dan bumbu meresap. Angkat.


resep balado kerang dara

Selamat mencoba tapi jangan sering-sering yah ingat kolestrol dan gak bagus juga buat kantong.


Salam dari dek yayuk yang suka makan dan jalan-jalan.


3 komentar:

  1. Aku penggemar sea food kelas berat hehe. Eh tapi kalau kerang sudah agak mengurangi karena katanya kerang itu besar banget kemampuan dia mwnyerap racun di lingkungannya. Nah karena takut ada kandungan limbah yang nyangkut di daging kerangnya, makanya aku agak mengurangi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah samaan kita teh lin penyuka seafood kelas berat, waduh baru tau soal ini kalo kerang itu paling besar menyerap racun, Untung jarang banget makan kerang karna kadar koletrot yang tinggi, thanks infonya teh lina

      Hapus
  2. eaaa...dah lama juga ni tak masak kerang.... liat resepnya jadi pengen masak lagi buat akhir pekan ini... :)

    BalasHapus

INSTAGRAM : @Yayuk_wulan